Cari Blog Ini

Minggu, 29 Agustus 2010

5 jenis permainan yang dapat mencerdaskan otak

1.Catur



Catur mengembangkan pemikiran yang logis. Bermain catur memerlukan strategi yang logis. Misalnya, Anda harus menjaga agar posisi bidak raja senantiasa selamat dan aman dari ancaman lawan, tidak membuat posisi bidak menjadi lemah dan tidak membuat bidak-bidak lainnya dimakan lawan tanpa perlawanan.

Catur meningkatkan daya imaginasi dan kreatifitas. Membuat Anda menjadi seorang penemu. Begitu banyak kombinasi pertahanan dan perlawanan melalui susunan bidak-bidak yang Anda ciptakan.
Catur mengajarkan Anda menjadi mandiri. Anda ditantang untuk membuat keputusan yang penting berdasarkan pengamatan sendiri.
Catur mengembangkan kemampuan untuk memprediksi dan melihat segala kemungkinan yang akan terjadi dari setiap langkah Anda.

2.Rubik



Permainan yang satu ini cukup melatih kecerdasan dan kesabaran, lebih memusingkan dari catur. Bagaimana tidak, ada beberapa rumus matematika yang terdapat dalam permainan ini. tapi jika anda sudah tahu rumusnya anda bisa menyelesaikan permainan ini, permainan yang berbentuk kotak dengan 6 bagian yang berbeda warnanya.

3.Puzzle



Puzzle adalah salah satunya. Permainan yang sangat populer di seluruh dunia ini bisa membantu daya nalar dan daya ingat anak. Daya nalarnya bekerja ketika si kecil harus menggabungkan satu bentuk puzzle dengan yang lainnya. Dia akan memikirkan kira-kira kepingan mana yang cocok dengan kepingan yang dipegangnya. Lama kelamaan, permainan puzzle ini juga akan meningkatkan daya ingatnya.

4.Lego



Permainan lain yang tak kalah populer dan bermanfaat adalah lego. Permainan menyusun balok ini bisa meningkatkan daya imajinasi si kecil. Turut sertalah Anda dalam permainan dan mencoba membuat bentuk yang menarik agar si kecil memiliki gambaran bisa diapakan saja lego tersebut. Setelah si kecil tahu bahwa lego bisa dibentuk bermacam-macam, si kecil pun akan mencoba meniru hal tersebut.

5.Halma



Permainan halma bisa digunakan untuk mengajarkan si kecil taktik dan strategi ketika ia menggerakkan bidaknya untuk mencapai daerah lawan. Si kecil pun akan terlatih untuk mengambil keputusan yang tepat dan cepat. Hal ini akan berguna untuk membantuk si kecil menghadapi sebuah permasalahan yang harus dicari solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar