Cari Blog Ini

Kamis, 02 Desember 2010

PES 2011




Title                   : Pro Evolution Soccer 2011
Developer           : Konami Computer Entertainment Tokyo
Publisher           : Konami
Genre           : Sport – Soccer
Release Date : September 30, 2010 [EU]
                     October 8, 2010 [UK]
                     October 19, 2010 [NA]
Rating           : ESRB : E
                     PEGI : 3+
Platform           : PS3, Xbox 360, Wii and PC.


Yup siapa yang tidak kenal dengan game franchise sport yang berjudul Pro Evolution Soccer (secara resmi juga dikenal sebagai Wining Eleven di daerah Asia).
Konami sebagai pihak developer dan publisher pada bulan September lalu telah merilis seri terbaru dari game sport terpopuler dikalangan pecinta bola yaitu Pro Evolution Soccer 2011 atau biasa disebut PES 2011.
Konami memang menjanjikan bahwa di seri terbarunya ini PES akan mengalami ”Evolusi” secara menyeluruh. Ini dilakukan untuk menjawab tantangan dari pihak EA selaku kompetitor utama yang secara bersamaan juga merilis FIFA 2011 yang di sebut² sebagai FIFA Next Gen.
Dan hal itupun dibuktikan oleh pihak Konami yang memenuhi janjinya dengan menyuguhkan PES dengan citarasa yang baru.
Adapun fitur² baru dari PES yang membuat game satu ini pantas dicoba adalah

1. Sistem Kendali
Pengendalian pemain terhadap karakternya kian ditingkatkan. Kini gamer dapat mengendalikan seluruh gerakan seperti menendang, menggiring bola, mengocek lawan dengan sangat presisi. Tentunya sistem gerakan tersebut masih bisa disesuaikan kembali.
Ya mungkin bagi player yang terbiasa dengan kontrol pada PES sebelumnya mungkin akan merasa susah pada saat pertama kali main

2. Stamina Bar
Stamina Bar yang berbentuk ‘tingkatan’ kini lebih detail. Terlalu sering berlari dan mengiring bola pun akan menurunkan stamina para pemain dalam PES 2011.


3. Improved Defence and A.I
Para pemain belakang kini punya gaya pertahanan lebih baik dengan gerakan yang begitu alami. Kini mereka tidak hanya mengejar bola yang masuk dalam areanya, namun juga berupaya merebut bola tanpa melakukan kesalahan.
Sekarang bermain dengan dificulty Pro sama seperti dificulty Top Player pada seri sebelumnya

4. Passing Power Gauge
Yup seperti namanya jadi didalam PES kali ini operan biasa/short pass memakai meter tenaga. Pertama kali main PES 2011 hal yang menurut gw sangat susah adalah passing gauge yang diterapkan oleh Konami pada seri ini... fitur ini sempat membuat gw kerepotan karena kadang² operan yang gw berikan kepada teman satu tim malah tidak pas pada tujuannya karena terlalu keras dalam mengoper…

5. Improved Graphic
Seperti pada seri² sebelumnya PES mengalami penyempurnaan grafik dari seri ke serinya. Dan graphik di seri ini bisa dibilang lebih bagus dari seri sebelumnya.



6. Estetika
Wajah para pemain kini telah banyak diperbaharui dari PES 2010. Konami kini telah menyertakan sedikitnya seribu animasi baru berdasarkan gerakan nyata yang telah direkam selama kurang lebih 100 jam.


7. Taktik dan Strategi
Mekanisme pengaturan taktik dan strategi dalam PES 2011 bersifat ”Drag & Drop”. Tidak hanya sebatas pengaturan subtitusi dan perubahan pemain, pengaturan ini juga akan diberikan animasi singkat mengenai potensi strategi yang akan digunakannya.
Dan sampai saat ini gw masih belum mengerti dengan pengaturan strategi di PES 2011 dan lebih banyak memakai ”jasa” auto strategy 


8. Liga online
Untuk pertama kalinya dalam seri PES, Konami memberikan fitur Master League yang bisa dimainkan secara online.

9. Dukungan 3D
PES 2011 juga telah mengusung teknologi 3D yang akan membuat game ini serasa ‘hidup’. Gunakan kacamata khusus, maka gamer akan mendapati tampilan 3 dimensi layaknya pada film layar lebar.

10. Improved Become a Legend mode (BAL)
Ini adalah salah satu mode yang paling gw suka di PES series.
Kita bisa menciptakan dan menjadi seorang pemain sepak bola yang kita inginkan.
Dan tentu diperlukan sebuah perjuangan untuk mencapai kesuksesan yang diidamkan.
Pada PES 2011 didalam BAL mode ditambahkan beberapa fitur² baru seperti player agent, in match target, coach command dan beberapa fitur lainnya.



11. Link Feints
Ini adalah salah satu fitur yang menurut gw sangat bagus di seri ini.
Karena kita bisa membuat gocekan-gocekan kreasi kita sendiri dengan menghubungkan berbagai macam gocekan yang ada. Mau gocekan seperti Ronaldo atau Messi terserah anda...atau gocekan buatan anda sendiri (asal jangan suka pakai Diving)...


12. Gerakan yang Realistis
Di PES 2011 gerakan pemain dibuat serealistis mungkin. Mulai dari gerakan membawa bola, waktu terkena sliding tackle, dan sebagainya.


Menurut gw PES 2011 merupakan salah satu dari seri terbaiknya PES.
Dikarenakan banyaknya perubahan yang sangat signifikan dari seri² yang sebelumnya.

Tapi ada satu hal yang kurang yang patut disayangkan, yaitu sedikitnya licensi dari klub besar seperti Arsenal, Man City, Chelsea dan yang lainnya.
Tapi hal seperti itu bisa diselesaikan dengan memakai Patch Mod team yang dapat didapatkan di website² modder PES.

Jadi Final Score PES 2011 dari gw : 9.0/10



* all Tested on computer wit spec :
Processor: AMD Athlon(tm) II X2 245 Processor,  MMX,  3DNow (2 CPUs), ~2.9GHz
RAM : 2GB
VGA : Gigabyte HD4650 1GB
DirectX : 9.0C

all graphic setting on High...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar